Rabu, 05 Oktober 2011

Buang Air Besar menurut Hadist


Ahlak islam melarang buang air di tempat terbuka, menghadap kea rah kiblat, atau membelakanginya.
Adfalah seorang Kafir Jahiliyah berkata kepada sahabat Salman Al farisi, Sungguh Nabui Nabi Kalian telah mengajari kalian tentang segala hal sampai tata cara buang air” ketika itu sahabat Salman menjawab “ betul sungguh kami dilarangmenghadap kiblat saat buang air besar atau kecil, ( kami juga dilarang) cebok dengan menggunakan tangan kanan atau cebokkurang dari 3 batu,atau cebok dengan kotoran hewan, atau tulang” ( HR.Muslim)
Begitulah kekaguman seorang kafir kepada akhlak  Islam yang diajarkan oleh Rosululloh Muhammad.
Islam memang agama sempurna , sehingga dalam urusan ke belakang pun ada aturan dan adabnya. Begitu pentingnya urusan ini dalam syariat islam sehinggaRosululloh SAW kerap memperingatkan umatnya agar senantiasa berhati-hati dalam urusan ini. Mengabaikan adab ini bias berakibat mendapatkan adzab.
Dalam sebuah hadist diriwayatkan Rosululloh pernah melewati dua kuburan dari orang yang tengah  mengalami siksa kubur, Kata beliau yang seorang disiksa karena kerap menyakiti tetangganya dan yang seorang lagidisiksa karena senantiasa tidak sempurna bersuci(thaharah) setelah kencing ( Naudubilah mindalik. Bersuci secara asal-asalan menyebabkan adanya kotoran yang bersifat najis, tertinggal pada tubuh atau pakaian . seseorang jika jika orang itu shalat sementara ada najis di badan atau pakaiannyamaka sholatnya akan tertolak.Itulah sebabnya dia disiksadalam kuburnya. Sayangnya banyak orang, terutama kaum laki-lakiyang mengabaikan peringatan tersebut, kencing disembarang tempat, tanpa melakukan thaharoh sesuai syariat. Sebagian yang lain BAB di tempat –tempat terbuka, di sungai , kolam, kebun, membiarkan auratnya terbuka dilihat orang yang sedang melintas, Perilaku seperti itu jelas-jelas dikutuk oleh Rosul. “ Takutlah (jauhilah) dua perbuatanterkutuk “. Para sahabat bertanya “ apakah kedua perbuatan itu wahai rosululoh ?” Jawab beliau Orang yang BABdi jalan tempat orang banyak melintasatau di tempat mereka berteduh ( seperti dibawah pohon) HR. Muslim.

Adab yang diajarkan Rosululoh tentang tata cara BAB dan BAK
1.      Jangan menampakan aurat kepada orang lain ketika BAB.
2.      Harus di tempat yang tertutup (HR.Muslim)
3.      Jangan Biang air di lubang binatang, dijalan, ditempat berteduh, disumber air, di tempat pemandian dibawah pohonyang sedang berbuah di air yang mengalirke arah orang mandi ( HR.Muslim),Turmuzi)

4.      Abu Hurairah menceritakan, Rosululoh bersabda jangan lah kamu kencing di air yang tenang, dimana kamu mandi pula disitu ( HR.Muslim)

5.      Masuklah ke dalam jamban /WC  denganmendahulukan kaki kiri, keluar dengan mendahulukan kaki kanan (HR> Tirmizi)

6.      Sebelum masuk jamban di sunatkan  membaca do’a : Allahumma inni a’uudzubika minalkhubutsi walkhobaaits ( Ya Allah aku berlindung kepada Mu dari bahaya kotoran dan dari segala macam yang membahayakan ). Khubutsi dan Khabaaits oleh Ibnu Hiban al Khathabi diartikan  sebagaisyaitan laki-laki dan perempuan.

7.      Setelah keluar dari jambandi sunahkan membaca do’a Ghufronakal hamdulillahiladzi adzhaba anni adzaa wa aafani ( aku memohon ampunan Mu, segala puji bagi Allah yang menghilangkan penyakit dari ku dan telah menyembuhkan aku ( HR.Tirmidzi), Nasai, Ibnu Majah)

8.      Jangan berlama-lam dijamban, karena hal itu merupakan suatu mudharat, apabila telah selesai hajatnya, secepatnya keluar  dari jamban ( HR. Nasai , Ibnu Majah)

9.      Tidak boleh menjawab salamketika berada didalam  jamban,, cara menjawab cukup dengan isyarat suara ( HR. Muslim, Tirmidzi, Nasai)

10.  Jangan membaca lapaz Allah dan Muhamad atau ayat alquran ke dalam jamban ( Nasai)

11.  Pergunakan tangan kiri  ketika membersihkan kemaluan dan dubur, jangan menyentuhnya dengan tangan kanan ( HR. Muslim)

12.  Bersucilah sebanyak bilangan ganjil minimal 3 kali.

1 komentar:

  1. terima kasih ilmu ini telah membantu saya.
    http://agungadiaryono.blogspot.com/2012/03/ulas-cara-buang-hajat-sesuai-kesehatan.html#.T3MIVmFmJmM

    BalasHapus